Kelemahan Surat Nikah

0



Kelemahan Adanya Surat Nikah

Di zaman Nabi kenapa tidak ada pencatatan dan surat nikah tapi digalakkannya walimahan karena nabi mengetahui bahwa surat nikah mempunyai banyak kelemahan sedangkan walimahan mempunyai kedudukan kuat yang tidak bisa dipalsukan. 

Keberadaan surat nikah banyak kelemahan dan dapat membuka ruang untuk terjadinya pemalsuan dan munculnya praktek-praktek menyimpang di tengah masyarakat. Lebih-lebih lagi, pengetahuan masyarakat tentang aturan-aturan Islam dalam hal pernikahan, talak, dan hukum-hukum ijtimaa’iy sangatlah rendah, bahwa mayoritas tidak mengetahui sama sekali. Diantara praktek-praktek menyimpang antara lain sbb: 

Pertama, ada seorang suami mentalak isterinya sebanyak tiga kali, namun tidak melaporkan kasus perceraiannya kepada pengadilan agama, sehingga keduanya masih memegang surat nikah. Ketika terjadi sengketa waris atau anak, atau sengketa-sengketa lain, salah satu pihak mengklaim masih memiliki ikatan pernikahan yang sah, dengan menyodorkan bukti surat nikah. Padahal, keduanya secara syar’iy benar-benar sudah tidak lagi menjadi suami isteri.

Kedua, surat nikah kadang-kadang dijadikan alat untuk melegalkan perzinaan atau hubungan tidak syar’iy antara suami isteri yang sudah lama bercerai. Kasus ini terjadi ketika suami isteri telah bercerai, namun tidak melaporkan perceraiannya kepada pengadilan agama, sehingga masih memegang surat nikah. Ketika suami isteri itu merajut kembali hubungan suami isteri –padahal mereka sudah bercerai–, maka mereka akan terus merasa aman dengan perbuatan keji mereka dengan berlindung kepada surat nikah. Sewaktu-waktu jika ia tertangkap tangan sedang melakukan perbuatan keji, keduanya bisa berdalih bahwa mereka masih memiliki hubungan suami isteri dengan menunjukkan surat nikah.

Ketiga, surat nikah bisa di palsu atau disalah gunakan dan didapat dengan cara mudah oleh orang orang tertentu yang memiliki kekuasaan dan uang untuk tujuan tertentu salah satu contoh menikahnya waria yang mengaku perempuan asli dengan laki laki tulen dengan cara memalsukan data
Inilah beberapa kelemahan adanya surat nikah.
Wallahu a’lam
 ( kontak kami untuk pernikahan islami secara syar'i pin BB 3269 EBBB  atau Telp 0822.1700.0362 )

0 komentar: